Tugas teknologi informasi

Nama : WA LENA
Nim : C1D318038
Dampak Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Bidang Sosial Budaya
Pada perkembangan teknologi pada bidang social dan budaya  belakangan ini sedang marak di bicarakan di dalam masyarakat baik kaum muda ataupun golongan tua sekalipun. Itu di karenakan pemanfaatan teknologi pada zaman sekarang ini dapat memudahkan manusia berinteraksi satu dengan yang lainya. Salah satunya adalah banyak media social yang bisa di gunakan pada zaman sekarang ini. Memang sejak era dahulu teknologi memang sudah ada tapi tidak semua aspek kehidupan yang memanfatkanya.Akan tetapi sejak banyaknya di temukan teknologi yang baru dan termutakhir hampir semua kehidupan bermasyarakat sangat membutuhkan teknologi, seperti di bidang pendidikan, teknologi di bidang pertanian, teknologi di bidang kesehatan, teknologi di bidang olahraga dan yang marak terjadi belakangan ini teknologi di bidang social dan budaya.
Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat dalam bidang social budaya ini memberi dampak yang sangat positif sekali di bidang masyarkat seperti informasi yang sangat cepat dan mudah di terima, hubungan social antar masyarakat dapat berlangsung dimana dan kapan saja, bisa mengenal budaya daerah lain dengan  sangat cepat dll .
Pengaruh dari perkembangan teknologi yang cukup pesat ini dikhawatirkan berdampak buruk terhadap perilaku kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan, perubahan cepat dalam teknologi informasi telah merubah budaya sebagian besar masyarakat Indonesia, kemajuan teknologi secara sadar ataupun tidak sadar telah banyak mengubah pola kehidupan masyarakat.Tetapi perkembangan teknologi memiliki dampak negative seperti para remaja cenderung meniru kebudayaan barat. Jika pengaruh-pengaruh tersebut dibiarkan, moral generasi bangsa menjadi rusak, selain itu rasa terhadap budaya bangsa itu sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat menjadi berkurang. Tak sedikit pula kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing, oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini.
Tidak perlu terlalu takut juga akan dampak-dampak negative yang akan ditimbulkan, karena banyak juga manfaat-manfaat yang dapat kita petik dari perkembangan teknologi informasi ini dapat membantu dan mempermudah kita dalam menjalani. Selain memberikan kebebasan untuk mendapatkan berita informasi sebanyak-banyaknya akan tetapi tetap ada ruang ruang bagi masyarakat untuk melakukan pilihan-pilihan secara selektif sesuai kepentingan kebutuhan masyarakat. Disinilah peran semua pihak untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang negatif pada perkembangan teknologi pada saat ini.
Di sisi lain perkembangan teknologi yang sangat cepat ini juga menimbulkan efek negative dalam bidang social seperti banyak jenis kejahatan baru di dunia maya, Kurangnya ruang privasi, Menurunya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar, berkurangnya rasa kepedulian terhadap sesama, kurangnya ruang privasi dll.Selain bidang social pada bidang budaya pun juga memiliki dampak negatif seperti kurangnya rasa cinta terhadap budaya sendiri, kita lebih suka mempelajari bahas asing ketimbang bahasa kita sendiri, lebih suka mempelajari modern dance yang berasal dari budaya luar ketimbang traditional dance yang merupakan budaya kita sendiri, dan yang lebih berbahayanya untuk kehidupan budaya adalah banyaknya penciplakan budaya yang sering terjadi belakangan ini yang sangat merugikan bangsa Indonesia.
Maka dari itu banyak berkembangnya teknologi informasi dalam bidang social budaya harus kita cermati dengan teliti karna tidak semua yang memberi dampak positif , banyak juga memberi dampak yang sangat tidak baik untuk kita sendiri ataupun masyarkat luas . Kita harus lebih selektif dalam memilih mana yang bermanfaat untuk bisa kita gunakan dan mana yang harusnya tidak kita gunakan agar tidak menimbulkan kerugian buat kita semua dan tentunya agar budaya kita sendiri tidak luntur di makan zaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas teknologi informasi